Memahami Demam Pada Anak, Perhatikan Suhu Tubuhnya!

Apa itu demam?

Suhu tubuh normal antara 36,5 dan 37,5 ° C. Ada demam saat suhu naik di atas 38 ° C.


Pada anak-anak, suhu bisa meningkat sampai 38 ° C melalui latihan atau menangis. Jika terjadi infeksi, suhu akan naik sampai 40 sampai 41 ° C. Itu tidak berbahaya. Demam adalah adaptasi normal dan respon pertahanan tubuh terhadap infeksi, yaitu:

Demam menyebabkan iklim yang merugikan bagi sejumlah kuman (seperti bakteri, virus dan parasit).

Demam nampak meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Dalam demam yang berkepanjangan yang berlangsung selama beberapa hari, tubuh gula (glukosa) beralih ke pembakaran lemak dan protein untuk pasokan energi. Glukosa adalah makanan yang sangat baik untuk bakteri, namun dalam kasus demam, sumber energi ini tertutup. Nafsu makan menurun, yang selanjutnya mengurangi ketersediaan glukosa. Biasanya juga sangat mengantuk, yang membatasi kebutuhan otot untuk berenergi.

Selama puncak demam, hati menghasilkan zat yang bisa mengganggu perbanyakan berbagai kuman.
Entah pada suhu yang lebih tinggi, virus dan bakteri tumbuh kurang baik. Selama pertahanan ini, tubuh membangun ketahanan terhadap kuman. Seorang anak masih memiliki banyak daya tahan dan sering demam. Beberapa hari demam tidak baik bagi anak kecil. Ini adalah reaksi tubuh yang berarti.

Demam tidak merusak tubuh dan tidak harus ditekan dengan pengobatan. Ketika sampai pada bayi (di bawah tiga bulan) atau jika Anda berpikir ada yang lebih dari itu, Anda harus menghubungi dokter umum.

Dalam praktiknya, anak yang demam sering diberi parasetamol karena hal ini mungkin memiliki efek positif pada kondisi anak secara keseluruhan.

Beberapa anak sangat sakit pada suhu 38 ° C dan terbaring di tempat tidur sepanjang hari. Anak-anak lain menderita demam 40 ° C dan masih bermain-main.

Mengukur suhu
Suhu paling baik diukur melalui anus dengan termometer elektronik. Oorthermometer juga tersedia untuk dijual. Ini hanya bisa diandalkan jika digunakan oleh orang-orang yang berpengalaman. Oleh karena itu, kami tidak merekomendasikan termometer ini, meski ini adalah alat yang ideal dalam praktiknya, karena waktu pengukuran yang singkat dan tempat yang mudah memerlukan kerja sama minimal dari anak yang sakit.

Apapun metode yang Anda pilih, Anda harus selalu mengukur suhu dengan cara yang sama dan di lokasi yang sama. Hanya dengan begitu Anda bisa membandingkan hasilnya dengan cara yang berarti.

Di rumah sakit

Anda telah melaporkan kepada anak Anda di tempat yang telah disepakati. Ini bisa menjadi klinik rawat jalan anak-anak, departemen anak dan remaja atau bantuan medis darurat. Asisten perawat atau dokter akan menerima Anda dan membawa Anda ke ruang penelitian. Asisten perawat atau dokter kemudian akan meminta Anda untuk kunjungan anak Anda ke rumah sakit. Dokter anak diberitahu tentang kehadiran Anda dan akan menyelidiki anak Anda. Dokter anak juga akan meminta kesehatan anak Anda. Melalui pertanyaan ini, dokter anak mendapat kesan kondisi normal anak Anda, masalah kesehatan keluarga dan wawasan tentang perkembangan dan kemajuan orang sakit.

Bergantung pada keluhan anak Anda dan hasil dari percakapan ini dan pemeriksaan anak-anak, penelitian tambahan akan dilakukan, seperti:

tes darah, untuk mengetahui apakah ada kemungkinan infeksi atau
Pemeriksaan urine, yang menentukan apakah ada kemungkinan infeksi saluran kemih.
Jika terjadi masalah dingin parah, tenggorokan dapat diambil untuk mengetahui apakah ada virus di mulut dan / atau tenggorokan, yang menyebabkan anak Anda terkena demam. Jika anak Anda batuk dan telah mendengar rincian dokter anak dengan stetoskopnya saat mendengarkan paru-paru, sinar X paru-paru dibuat. Hal ini memungkinkan dokter anak untuk melihat apakah ada infeksi saluran napas (pneumonia).

Baca informasi tentang berat badan ideal pada bayi  : https://goo.gl/7Lzt1V

Jika anak Anda nakal, mudah tersinggung dan rentan terhadap kekakuan dan bintik panggul yang tidak bisa dikompres pada kulit (disebut peteches), pruritus akan dilakukan untuk memeriksa kemungkinan meningitis. Cairan sumsum tulang belakang (cairan otak atau minuman keras) diambil melalui sumsum tulang belakang. Kelembaban ini sedang diselidiki karena adanya peradangan.

Berdasarkan semua data yang dikumpulkan, dokter anak akan mendiagnosa dan menentukan pengobatan apa yang anak Anda terima. Dokter anak akan memberi tahu Anda tentang pengobatan yang ditentukan dan akan menentukan apakah anak Anda dirawat di Departemen Anak Bernhoven.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Kulit Saat Dibawah Terik Sinar Matahari

Tips Sebelum Melakukan Make Up Untuk Remaja